Pramuka Tembus Tiga Lokasi Pengungsian Rohingya

September 02, 2017
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pramuka Tembus Tiga Lokasi Pengungsian Rohingya - Konflik kembali bergejolak dan menimpa pengungsi kelompok minoritas Rohingya di Myanmar. Indonesia memiliki peran besar untuk mendorong agar kekerasan yang terjadi di Rakhine segera dihentikan. Atas dasar rasa kemanusiaan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berhasil menembus ke kantong-kantong pengungsian Rohingya untuk menyalurkan bantuan.

Pramuka Tembus Tiga Lokasi Pengungsian Rohingya

Pramuka Tembus Tiga Lokasi Pengungsian Rohingya
Pramuka Tembus Tiga Lokasi Pengungsian Rohingya

"Alhamdulillah atas dasar nilai-nilai kemanusiaan dan pengamalan Dasa Dharma Pramuka, Pramuka coba hadir langsung ke kantong pengungsian muslim Rohingya di daerah Sittwey Rakhine State Myanmar," kata Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Eko Sulistio kepada JawaPos.com, Sabtu (2/9).

Kaum islam Rohingya Di Myanmar, mengalami kekerasan di mana ratusan rumah dibakar. Eko mengungkapkan perjuangan Pramuka menembus lokasi pengungsian untuk mendistribusikan bantuan pascakonflik.


"Memang tak mudah dalam menuju dan mendistribusikan bantuan pasca konflik yang baru saja terjadi 1 minggu yang lalu. Kami berupaya pintar-pintar melihat situasi dan kondisi serta terus mengupdate berita dilapangan, baik informasi dari mitra lokal atau relawan lokal dan juga pekerja kemanusiaan seperti dari Turki, Jerman, Prancis, Australia, Malaysia," papar Eko.

Lalu pada Jumat 1 September pukul 06.00 waktu Myanmar, Pramuka mencoba masuk ke beberapa kantong pengungsian. Di antaranya, Shan Tho Lee Camp, Lamache Village, Phia Lhe Song Village.

"Alhamdulillah di tiga lokasi ini pendistribusian bantuan berlangsung aman dan lancar. Pendistribusian bantuan difokuskan untuk kebutuhan anak-anak," tegasnya.

Sebab anak-anak, kata Eko, adalah kelompok yang paling terkena dampak dan menjadi korban konflik. Anak-anak rentan mengalami sakit dan kekurangan gizi akibat konflik berkepanjangan.

"Banyak anak-anak tak berpakaian, trauma, dan susahnya akses ke sekolah, bermain, hingga akses kesehatan," tegas Eko.(Free Rohingnya)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

Previous
Next Post »