Peserta Aksi Bela Rohingya Shalat Jumat di Masjid An Nuur Magelang

September 10, 2017
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Peserta Aksi Bela Rohingya Shalat Jumat di Masjid An Nuur Magelang - Aksi kepung Candi Borobudur sebagai bentuk solidaritas kepada Rohingnya batal diganti dengan shalat Jumat dan shalat gaib.

Aksi solidaritas untuk Rohingnya yang rencananya akan dilakukan dengan mengepung Candi Borobudur dialihkan ke Masjid Agung An Nuur, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jateng. Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarot Padakova mengatakan, aksi dialihkan karena Polda Jateng tidak mengizinkan aksi di Borobudur.

Peserta Aksi Bela Rohingya Shalat Jumat di Masjid An Nuur Magelang
Peserta Aksi Bela Rohingya Shalat Jumat di Masjid An Nuur Magelang

"Aksi di Borobudur tidak jadi, kami larang. Mereka tidak jadi aksi tapi salat jumat bersama dan salat gaib," kata Djarot kepada Tirto, Jumat (8/9/2017).

Berdasarkan pengamatan reporter Tirto, ribuan massa telah mendatangi Masjid An Nuur, rombongan datang ada yg menggunakan bus, mobil pick up, dan motor. Merema datang dari kota-kota di sekitar Yogyakarta, seperti Solo, Klaten, Magelang, dan Muntilan.

Polisi sudah melakukan pemeriksaan sejak di perbatasan DIY-Jateng, pemeriksaan menimbulkan kemacetan yg cukup panjang sekitar 2 kilometer dari perbatasan DIY-Jateng. Pemeriksaan kedua dilakukan di Jalan Borobudur, sebelum masuk ke kawasan wisata candi.

Sementara di Masjid An Nuur, tempat berkumpulnya massa, polisi menjaga ketat sepanjang jalan menuju masjid.

Jalan ditutup untuk umum dan sebelum memasuki masjid, massa diwajibkan membuka tas dan barang bawaan serta melewati detektor metal.

Polisi juga menyiapkan pasukan anti huru hara dan pagar kawat untuk menutup jalan menuju masjid.

Untuk diketahui, salat jumat dan salat gaib bersama ini dilakukan sebagai bentuk aksi solidaritas untuk muslim Rohingnya yang tengah mengalami konflik di Rakhine.
(Free Rohingnya)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

Previous
Next Post »